PENGUMUMAN HASIL SELEKSI ADMINISTRASI CPNS BADAN NASIONAL PENCARIAN DAN PERTOLONGAN TA 2018


TIM BASARNAS BALI BANTU EVAKUASI KORBAN GEMPA DI LOMBOK UTARA


Gempa bumi kembali mengguncang Lombok, kali ini pusat gempa berada di kawasan Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat dengan kekuatan 7 SR, pada Minggu (5/8/2018) pukul 18.46 WIB. Analisis BMKG menunjukkan epicentra gempa terletak pada koordinat 8,37 derajat LS dan 116,48 derajat BT (lokasi di darat). Gempa juga terasa hingga Bali yang mengakibatkan beberapa bangunan alami kerusakan dan menimbulkan korban jiwa. "Info terakhir kita peroleh siang tadi pukul 14.36 Wita dari Pusdalops Bali, bahwa 2 orang meninggal dunia, 21 orang luka berat dan 43 orang luka ringan," ungkap Ardana selaku Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar. Ia juga menuturkan tentang penanganan korban yang terdampak gempa di Bali, seluruhnya telah terevakuasi dan tidak diperlukan adanya penanganan khusus. "Koordinasi dengan Pusdalops Bali terus kami lakukan, untuk perkembangan data ataupun keperluan pengerahan personil (rescuer) jika diperlukan," imbuhnya.

IMG-20180806-WA0189.jpg

Sementara itu, Basarnas Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar juga mengerahkan personilnya untuk membantu proses evakuasi korban gempa di Lombok. Sebanyak 10 personil dikerahkan melalui jalur darat dengan menggunakan 3 unit truk angkut personil dan pergerakan 4 personil menuju Gili melalui Selat Lombok menggunakan RIB (rigit inflatabel boat). Dini hari tadi, sekitar pukul 00.45 Wita tim rescue berangkat dari Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar yang berlokasi di Jimbaran. "Tim SAR dilengkapi dengan peralatan ekstrikasi yang memang diperlukan untuk penanganan di bangunan runtuh, dan juga membawa emergency lighting untuk antisipasi penerangan, beserta peralatan mountenering," ungkap Ardana.

IMG-20180806-WA0188.jpg

Dua jam berselang tim rescue tiba di Padang Bai dan selanjutnya melakukan penyebrangan menuju Pelabuhan Lembar. "3 truk personil tersebut berangkat menggunakan kapal angkut yang berbeda dan truk personil yang terakhir bertolak dari Padang Bai yakni sekitar pukul 05.10 Wita," tuturnya. Pada pukul 10.45 Wita seluruh tim SAR sudah tiba di Pelabuhan Lembar dan bergabung dengan tim SAR lainnya.

Kesepuluh personil Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar di tempatkan pada Posko lapangan Bupati Lombok Utara bersama dengan personil BSG (Basarnas Spesial Group) untuk membantu proses evakuasi korban luka dan meninggal dunia. Hingga sore ini, upaya evakuasi terus berlangsung karena masih ada korban yang terjebak di reruntuhan bangunan.

IMG-20180806-WA0187.jpg

Di tempat berbeda, Basarnas bersama potensi SAR lainnya melakukan evakuasi warga serta wisatawan di 3 Gili. Turis lokal ataupun WNA yang sedang berlibur harus dievakuasi dengan menggunakan Kapal SAR Mataram (Rescue Boat 220), boat KPLP, Super Scott Boat, KMP Putri Island, KM Eka Jaya 25 dan KM Eka Jaya 26. "Informasi yang kami terima pada pukul 16.00 Wita dari SAR Mataram, bahwa proses evakuasi yang telah berlangsung sejak pagi berhasil mengangkut 2.793 orang dan sudah dibawa ke Pelabuhan Bangsal," tutup Ardana. (ay/ hms dps)



Kategori Berita Kansar , General Berita , Bencana Nasional .
Pengunggah : chandra
7 August 11:40 WIB