DENGAN SINERGITAS DAN SOLIDITAS BASARNAS BERSAMA POTENSI SAR BERTEKAD MEWUJUDKAN PELAYANAN SAR YANG CEPAT DAN PRIMA


Tiga SRU Dikerahkan Untuk Menemukan Santoso


Sidoarjo – Tiga SRU (Search and Rescue Unit) kembali dikerahkan tim SAR gabungan untuk menemukan Santoso (43) di sungai Porong, kabupaten Sidoarjo, pada Selasa (5/2). Pencarian dimulai dari TKK (Tempat Kejadian Kecelakaan), yaitu di bawah jembatan arteri Porong.

Komandan tim operasi Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Surabaya, Farid Kur niadi mengatakan, tiga SRU ini terdiri dari dua SRU air yang melakukan pencarian di sungai dengan menggunakan perahu karet dan satu SRU darat yang melakukan pemantauan.

Pada tahap pertama pencarian sungai, SRU air melakukan penyisiran di sekitar TKK dan berlanjut hingga ke dermaga penyeberangan perahu di desa Tlocor. Selanjutnya dari dermaga Tlocor, upaya pencarian dilanjutkan hingga muara sungai Porong.

Di sepanjang jalur penyisiran sungai, SRU air sempat melakukan manuver perahu di beberapa titik yang dicurigai ada korban. Manuver ini bertujuan menciptakan gelombang air yang besar, agar korban yang diduga berada di dasar sungai dapat terangkat ke permukaan.

Berdasarkan pengamatan visual, lanjut Farid, kondisi arus sungai Porong sangat deras. Upaya penyelaman pun untuk sementara tidak dilakukan, sebab derasnya arus sungai bisa membahayakan keselamatan tim saat akan melakukan pencarian di dalam air.

Selain penyisiran di sungai, tim SAR gabungan mengerahkan satu SRU darat untuk melakukan pengamatan melalui beberapa titik, seperti jembatan tol lama dan dermaga perahu penyeberangan Tlocor.

SRU darat juga membentuk jejaring komunikasi dengan warga yang beraktivitas di sekitar sungai Porong, memberikan informasi tentang kejadian ini kepada mereka. Harapannya, apabila mereka melihat korban, maka segera melaporkannya kepada petugas.

Dalam upaya pencarian korban ini, sejumlah pihak pun ikut terlibat, diantaranya Kantor SAR Surabaya, SAR Pusdik Sabhara, Polsek Porong, Koramil Porong, TAGANA Sidoarjo, TAGANA Pasuruan, relawa SAR Surabaya, SAR Penanggungan, ILS dan warga sekitar.

Sementara itu menurut informasi dari saksi mata, Suharyanto, Santoso tenggelam di sungai Porong setelah Ia melakukan aksi bunuh diri dengan meloncat dari jembatan arteri Porong, pada Minggu (3/2) sekitar pukul 11.30 WIB.

Hingga berita ini dikabarkan, tim SAR gabungan masih berupaya melakukan pencarian untuk menemukan korban. (Lib)



Kategori General Berita , Kondisi Yang Membahayakan Jiwa Manusia .
Pengunggah : surabaya
5 February 12:41 WIB