DENGAN SINERGITAS DAN SOLIDITAS BASARNAS BERSAMA POTENSI SAR BERTEKAD MEWUJUDKAN PELAYANAN SAR YANG CEPAT DAN PRIMA


Supriyono Dicari Tim SAR Gabungan di Pantai Pathok Koang


Pacitan – Supriyono (30) warga dusun Gesingan, desa Dadapan, keberadaannya hingga kini masih dicari tim SAR gabungan, pada Selasa (30/7). Sebanyak tiga SRU (Search and Rescue Unit) dikerahkan tim SAR gabungan untuk mencarinya di sekitar perairan pantai Pathok Koang, kabupaten Pacitan.

"Dua SRU air menyisir di perairan pantai Pathok Koang dengan menggunakan dua unit perahu jukung nelayan. Satu SRU darat melakukan pemantauan di sepanjang pesisir pantai," ujar Eko Aprianto, Komandan tim operasi Pos Pencarian dan Pertolongan (SAR) Trenggalek.

Penyisiran laut dilakukan di dua sektor pencarian yang telah ditentukan melalui aplikasi SAR Map. SRU air yang pertama melakukan penyisiran di sektor satu dengan luas penyisiran sejauh 11 mil laut. SRU air yang kedua melakukan penyisiran di sektor dua dengan luas penyisiran sejauh 12 mil laut.

Pada saat yang bersamaan, tim SAR gabungan juga mengerahkan SRU darat untuk melakukan penyisiran di sepanjang pesisir pantai Pathok Koang. Beberapa personel juga di-tempatkan di beberapa lokasi, seperti di sekitar lokasi kejadian, untuk memantau adanya tanda-tanda keberadaan korban.

Selama melakukan penyisiran darat ini, SRU darat menyebarluaskan informasi tentang kejadian ini kepada para warga dan nelayan yang beraktivitas di sekitar pantai. Jika mereka melihat tanda-tanda keberadaan korban yang dicari, maka diharapkan agar melaporkannya kepada petugas.

Selain tim operasi Pos SAR Trenggalek, upaya pencarian Supriono ini juga melibatkan peran serta sejumlah pihak, diantaranya Satpolair Pacitan, BPBD kabupaten Pacitan, Polres Pacitan, TAGANA, RAPI, Orari, SAR MTA Pacitan serta dibantu nelayan dan warga sekitar.

Menurut informasi yang diperoleh dari saksi mata, kejadian yang dialami Supriyono ini berawal saat Ia dan temannya, Misyat, mencari rumput laut di tepi pantai Pathok Koang, pada Senin (29/7) sekitar pukul 12.00 WIB.

Saat berada di tepi tebing karang, tiba-tiba datang ombak besar menghantam mereka. Akibatnya, keduanya terhempas dari karang dan jatuh ke laut. Misyat berhasil menyelamatkan diri dengan berenang ke tepi pantai. Namun naas bagi Supriyono, Ia terseret ombak hingga ke tengah laut.

Sementara itu hingga berita ini dikabarkan, upaya pencarian masih dilakukan tim SAR gabungan untuk menemukan keberadaan Supriyono. (Lib)



Kategori Kondisi Yang Membahayakan Jiwa Manusia .
Pengunggah : surabaya
30 July 20:45 WIB