PENGUMUMAN HASIL SELEKSI ADMINISTRASI CPNS BADAN NASIONAL PENCARIAN DAN PERTOLONGAN TA 2018


PEKANBARU MENJADI TUAN RUMAH LATIHAN INDOPURA KE 36


Jakarta - Indonesia dan Singapura menggelar latihan bersama (Indopura) dalam misi kemanusiaan antara Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) dengan Rescue Coordination Centre (RCC) Singapura.

1.png

Latihan dilaksanakan di Selat Malaka, wilayah Pekanbaru menjadi lokasi atau daerah latihan indopura tersebut merupakan daerah perbatasan antara Indonesia dengan Singapura. Kegiatan yang berlangsung dari tanggal 17 – 19 Juli 2018 dan sudah digelar ke-36 kalinya. Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Pekanbaru menjadi tuan rumah dalam latihan bersama SAR kedua negara tersebut.

2.png

Latihan SAR Indopura ini bertujuan untuk melatih personil SAR Indonesia dan Singapura, dalam pengkoordinasian dan pengendalian operasi SAR bersama, melatih efektifitas SRU dan fasilitas SAR lainnya baik milik Indonesia maupun Singapura, serta melatih koordinasi dan kerja sama antar kedua SMC dalam pengendalian Operasi SAR bersama di wilayah perbatasan.

4.png

Dalam misi latihan bersama, RCC Singapura mengerahkan alat utama yakni dua pesawat jenis Super Puma dan Hercules C130 ke perairan Selat Malaka. kedua pesawat tersebut utk melaksanakan pemantauan dari udara pada kegiatan latihan bersama. Sementara itu dari kantor pencarian dan pertolongan Pekanbaru (Basarnas) sendiri mengerahkan aset yaitu Helikopter dan kapal.

5.png

Latihan ini juga melibatkan instansi terkait yaitu Kementerian Luar Negeri, Mabes TNI, Kantor SAR Pekanbaru, Pos SAR Bengkalis, TNI & Polri, Bea Cukai, Kantor Imigrasi, Pemerintah daerah, Stasiun Radio Pantai, Syahbandar, Bandara Sultan Syarif Kasim Tanjung Pinang dan Potensi SAR di Pekanbaru.

DSC_8761.JPG

Pada kesempatan ini Basarnas Command Centre (BCC) Jakarta sebagai pengendali atas berlangsungnya latihan bersama Indopura ini dan mendapat kunjungan kerja dari tim RCC singapura yaitu Deputi Director General, Air Navigator Service Soh Poh Theen dan ICAO Representative Raymond Seah.

DSC_8793.JPG

Kunjungan kerja tersebut diterima oleh Deputi bidang Operasi dan Kesiapsiagaan SAR Mayor Jenderal TNI Nugroho Budi Wiryanto SIP.,MM.,QIA dan Direktur Kesiapsiagaan Didi Hamzar S.Sos.,M.M. diakhir kunjungan dilakukan penyerahan cindera mata dari RCC Singapura kepada Basarnas. (yun)

DSC_8787.JPG



Kategori General Berita .
Pengunggah : Febrilina
18 July 16:10 WIB