DENGAN SINERGITAS DAN SOLIDITAS BASARNAS BERSAMA POTENSI SAR BERTEKAD MEWUJUDKAN PELAYANAN SAR YANG CEPAT DAN PRIMA


Nahrowi Ditemukan Meninggal di Perairan Donglanceng


Jember – Nahrawi (35) korban tenggelam di sungai Sadengan, kecamatan Puger, akhirnya ditemukan dalam kondisi meninggal, pada Rabu (13/2) sekitar pukul 12.00 WIB. Jenazah korban ditemukan dalam kondisi mengapung di perairan Donglanceng, yang berjarak sekitar satu kilometer dari TKK (Tempat Kejadian Kecelakaan).

Koordinator Pos Pencarian dan Pertolongan (BASARNAS) Jember, Asnawi Suroso mengatakan, saat ditemukan tim SAR gabungan, kondisi jenazah korban sudah mengalami pembengkakan. Hal ini disebabkan karena jenazah sudah berada di air selama lima hari sejak Ia tenggelam.

Setelah dievakuasi dari lokasi penemuan ke posko SAR, lanjut Asnawi, selanjutnya tim SAR gabungan membawa jenazah Nahrawi ke Puskesma Puger untuk dilakukan visum oleh petugas, sebelum diserahkan kepada pihak keluarga untuk dimakamkan dengan layak.

Seperti diberitakan sebelumnya, tim SAR gabungan telah melakukan operasi SAR selama lima hari untuk menemukan keberadaan Nahrawi. Upaya yang dilakukan, yaitu dengan mengerahkan dua SRU (Search and Rescue Unit) laut dan satu SRU darat.

Dua SRU laut melakukan penyisiran dari perairan muara pantai Pancer dan dilanjutkan menuju ke arah selatan perairan pantai Pancer dengan menempuh jarak sekitar 10 mil laut. Sedangkan SRU darat melakukan penyisiran di sepanjang pesisir pantai Pancer dan juga di Plawangan.

Sejumlah unsur SAR terlibat dalam upaya pencarian Nahrowi, diantaranya tim operasi Pos BASARNAS Jember, Pos TNI AL Puger, Satpolair Puger, Koramil Puger, Polsek Puger, SAR OPA Jember, BPBD kabupaten Jember, RAPI dan nelayan sekitar.

Menurut informasi yang diperoleh dari petugas Polsek Puger, kronologi kejadian yang dialami Nahrowi, pada Sabtu (9/2) ini memang tidak diketahui secara pasti. Namun diduga sebelum tenggelam, korban sedang mandi di sungai Sadengan. (Lib)



Kategori Kondisi Yang Membahayakan Jiwa Manusia .
Pengunggah : surabaya
13 February 14:55 WIB