DENGAN SINERGITAS DAN SOLIDITAS BASARNAS BERSAMA POTENSI SAR BERTEKAD MEWUJUDKAN PELAYANAN SAR YANG CEPAT DAN PRIMA


Longsor Terjang Brebes, 13 Orang Masih Dalam Pencarian


Longsor besar menerjang Desa Pasir Panjang Kec. Salem Kab. Brebes pada Kamis (22/2/18) pagi sekitar pukul 08.00 wib. Akibat kejadian itu 5 meninggal dunia, 14 luka-luka dan 16 orang hilang. Korban yang hilang sebagian besar diduga dari pengguna jalan yang diterjang longsor. Longsor bukan hanya menerjang pengguna jalan, namun juga menerjang petani yang sedang bercokol tanam.

"Jarak luncuran longsor sepanjang hampir 1 km dan menyebabkan beberapa pengguna jalan hilang, diantaranya penumpang mobil pick up yang hendak berangkat ke pasar" ungkap Noer Isrodin Muchlisin, Kepala Basarnas Jateng. Pencarian besar-besaran pun digelar oleh tim SAR gabungan yang dikomandoi oleh Badan Nasional pencarian dan pertolongan Semarang.

Sebanyak 535 personil SAR gabungan diterjunkan untuk mencari korban. Ke 535 personil tersebut dibagi menjadi 4 tim yang bertanggung jawab melakukan pencarian di empat sektor. Akhirnya tim SAR gabungan berhasil menemukan satu korban atas nama Wartinah. Wartinah ditemukan dalam kondisi meninggal dunia di sektor 1 bagian atas.

"Dengan ditemukannya Wartinah , maka tim masih melakukan pencarian lagi sebanyak 13 korban, karena 2 orang atas nama Ajib dan Daswa ternyata masih hidup. Mereka sempat menyelamatkan diri, namun tidak melapor ke posko" lanjut Noer. Untuk pencarian hari ini (jumat) dihentikan sementara oleh tim SAR gabungan karena hujan deras turun di wilayah longsor.

"Kami hentikan karena dimungkinkan akan muncul longsoran susulan mengingat tanah yang masih labil. Untuk besok pencarian akan kami lakukan dengan empat buah excavator " tutup Noer.

Data Korban yang masih hilang: 1.Rasminah ( P) Ds. Pasirpanjang

  1. Turkiah (P) Ds. Pasirpanjang
  2. Haryanto (L) Ds. Pasirpanjang
  3. B. Sarmah (P) Ds. Pasirpanjang
  4. B Dastip (P) Ds. Padirpanjang
  5. Tarsinah (P) Ds Padirpanjang
  6. Sujono(L) Ds. Padirpanjang
  7. Kuswanto(L) Ds. Pasirpanjang
  8. Suwirso (L) Ds. Pasirpanjang
  9. Rustam/Rusyadu (L,) ( 48 th) Ds. Padirpanjang
  10. Casti (P) (85 th) Ds Pebuaran
  11. Warsui (L) (64 th) Ds. Ciputih 13 Wastim / Wahyu (L) (48 th) Ds. Salem



Kategori Bencana Nasional .
Pengunggah : danang
23 February 9:35 WIB