KEPALA KANTOR PENCARIAN DAN PERTOLONGAN MATARAM TINJAU LANGSUNG PELAKSANAAN SIAGA KHUSUS ANGKUTAN LEBARAN 2018


Sebanyak 89 personil diterjunkan oleh Kantor Pencarian dan Pertolongan Mataram untuk melaksanakan siaga SAR khusus angkutan lebaran yang berlangsung dari tanggal 07 hingga 24 Juni 2018. Puluhan personil ini ditempatkan dibeberapa Posko Terpadu Angkutan Lebaran 2018 (1439H) dan bergabung dengan berbagai instansi/pihak terkait seperti dari Kepolisian, TNI, Perhubungan, Kesehatan, Kominfo dan lain sebagainya. Adapun Posko Terpadu yang ditempati oleh personil antara lain yang berada di Bandara Internasional Lombok (LIA), Pelabuhan Lembar, Pelabuhan Bangsal, Pelabuhan Kayangan, Pelabuhan Badas, Pelabuhan Bima dan Bandara M. Salahuddin Bima.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Mataram I Nyoman Sidakarya,S.H, Rabu (13/06) pagi, memantau langsung pelaksanaan siaga Angkutan Lebaran 2018 di Posko Terpadu Pelabuhan Lembar, Bandara Internasional Lombok (LIA) dan Pelabuhan Bangsal. Sementara, Kepala Sub Seksi Operasi dan Siaga Putu Arga Sujarwadi,S.H.,M.M dan Kepala Sub Seksi Sumber Daya A.A. Ketut Supartana,S.Pd melakukan hal yang sama secara terpisah diketiga Posko Tersebut. Hal ini intens dilakukan oleh pejabat, khususnya dilingkungan Kantor Pencarian dan Pertolongan Mataram untuk mengetahui secara langsung kondisi arus mudik dan balik yang akan datang.

“Kita melakukan pemantauan ke lokasi untuk mengetahui secara langsung situasi dan kondisi arus mudik dan balik yang akan datang, baik di pelabuhan maupun bandara guna sebagai bahan evaluasi untuk kita dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat di bidang SAR”, ungkap I Nyoman Sidakarya saat melakukan peninjauan di Posko Terpadu Pelabuhan Lembar.

“Kepada seluruh tim yang terlibat agar selalu menggalang koordinasi dengan instasi/pihak terkait yang terlibat dalam pengamanan dan laksanakan tugas dengan rasa penuh tanggung jawab”, harapnya.

Beberapa alat utama yang dikerahkan dalam melakukan pengamanan antara lain kapal Rescue Boat 220 Mataram, Rigit Inflatable Boat, Rescue Truk, D-Max Rescue, motor trail dan rubber boat. Sedangkan untuk peralatannya adalah peralatan komunikasi, ekstrikasi, mountainnering dan peralatan lainnya.

Kemarin, Selasa (12/06), disela-sela melakukan pengamanan angkutan lebaran di seputaran pelabuhan Lembar, crew Rescue Boat 220 mataram juga sempat melaksanakan pengamanan yang dipimpin langsung oleh Kepala Kantor bersama unsur dari TNI-Polri dan unsur lainnya terhadap kedatangan kapal pesiar MV Sun Princess yang mengangkut lebih dari 2000 wisatawan ini. “dari australia kemudian lego jangkar di Lembar Lombok Barat, dan kemudian melanjutkan rutenya ke Port Klang Malaysia. Semua berjalan dengan baik dan lancar”, kata Nyoman. (ln/hms mtr).



Kategori General Artikel .
Pengunggah : nita
14 June 23:15 WIB