DENGAN SINERGITAS DAN SOLIDITAS BASARNAS BERSAMA POTENSI SAR BERTEKAD MEWUJUDKAN PELAYANAN SAR YANG CEPAT DAN PRIMA


Kepala BASARNAS Manokwari Bertemu Dengan Gubernur Papua Barat


Manokwari - Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Manokwari, George L. Mercy Randang, S.I.P didampingi Kasubsi Operasi dan Siaga Andarias Alik, S.E beserta Nahkoda, KKM (Kepala Kamar Mesin) KN SAR. Kumbakarna 244, dan Koordinator Rescuer, berkesempatan untuk bertemu dengan Gubernur Provinsi Papua Barat, Dominggus Mandacan di ruangan Gubernur Kamis(08/08) sekira pukul 11.00 WIT.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Basarnas Manokwari selain berkoordinasi juga mempererat hubungan silaturahmi dengan Bapak Gubernur Papua Barat. Disaat yang sama juga Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan/ Kakansar menjelaskan tentang program - program kerja untuk peningkatan kapasitas masyarakat yang diberikan secara gratis berupa metode - metode dasar dalam memberikan bantuan pertolongan terhadap orang lain, seperti Pelatihan Potensi SAR, Latihan SAR Gabungan, Sar Goes To School, Rakor SAR Daerah serta pemberian Pelayanan Operasi SAR secara gratis. Namun Kakansar juga menyampaikan dalam keseriusan Basarnas Pusat dengan menempatkan Kapal penyelamat KN. SAR Kumbakarna 40 Meter untuk Basarnas Manokwari.

Diperlukan penguatan dari Pemerintah Provinsi Papua Barat salah satunya untuk keamanan kapal dan kesiapsiagaan Crew, adanya pengembangan dermaga yang telah ada berupa fasilitas tempat standby crew kapal SAR, dan fasilitas listrik darat, serta kendaraan Ambulance untuk menunjang kesiapsiagaan dan kecepatan dalam memberikan pertolongan jika sewaktu - waktu dibutuhkan.

Kasubsi Operasi juga menambahkan tentang kesiapsiagaan personil dan alat utama pencarian yang ada di Kansar Manokwari, di Pos Bintuni, dan di Unit Siaga Wasior, serta personil yang ada di wilayah kerja Basarnas Manokwari semakin bertambah.

"Dari kesempatan yang diberikan kepada kami (Basarnas) untuk bertemu pak Gubernur, diharapkan soliditas tetap terjalin baik dan dukungan Pemerintah Daerah sangat berarti, guna memberikan pelayanan SAR yang lebih maksimal untuk masyarakat Papua Barat. Khususnya masyarakat Manokwari dan sekitarnya," Ungkap Kakansar.

Sesuai amanah UUD, Negara Kesatuan Republik Indonesia bertanggung jawab untuk melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia. Dengan tujuan untuk memberikan perlindungan hidup dan penghidupannya termasuk perlindungan kecelakaan, bencana, dan kondisi membahayakan manusia berlandasakan pada Pancasila. Hal tersebut, dilakukan melalui pencarian dan pertolongan secara cepat, tepat, aman, terpadu, dan terkoordinasi oleh semua komponen bangsa.(hms/hrl)



Kategori Berita Kansar , General Artikel , General Berita .
Pengunggah : Recylia
8 August 13:30 WIB