DENGAN SINERGITAS DAN SOLIDITAS BASARNAS BERSAMA POTENSI SAR BERTEKAD MEWUJUDKAN PELAYANAN SAR YANG CEPAT DAN PRIMA


KECELAKAAN TUNGGAL YANG MENGAKIBATKAN KORBAN JATUH KE JURANG LAU BIANG KAB. KARO


BASARNAS MEDAN KARO – Nasib kurang beruntung dialami Lala Milala (17), dirinya jatuh ke jurang Lau Biang sedalam 150 meter di Desa Kandibata Kec. Kabanjahe Kab. Karo pada Minggu (24/2) sikitar pukul 13.30 WIB. Salah seorang saksi mata Herna Sembiring (32) mengatakan Kejadian bermula ketika korban mengendarai Sepeda Motor dengan kencang dari arah Kabanjahe menuju Desa Sukarame, setibanya di Jembatan Lau Biang, Korban tidak dapat mengendalikan sepeda motornya dan mengakibatkan Korban beserta sepeda motornya terjatuh/ masuk kedalam jurang Lau Biang.

Melihat kejadian itu, dirinya langsung melaporkan kejadian tersebut kepada Polres Tanah Karo. Polres tanah Karo langsung meneruskan laporan tersebut dengan berkoordinasi dengan pihak Basarnas Medan. Basarnas yang menerima laporan tersebut langsung menerjunkan personil menuju lokasi kejadian. Visibility yang kurang jelas dan tingginya tebing serta derasnya arus sungai menyulitkan tim SAR melakukan pencarian pada malam hari. Pencarian secara maksimal baru dapt dilaksanakan setelah pukul 7 pagi, Senin 25/2/2018. Beberapa potensi SAR dan juga masyarakat ikut serta dalam melakukan upaya pencarian di lokasi jatuhnya korban.

Kepala Seksi Operasi dan Siaga Kantor Pencarian dan Pertolongan Medan, M. Agus Wibisono, S.E. mengatakan, metode pencarian dilakukan dengan dua cara pencarian, cara pertama dengan menurunkan perahu rafting beserta tim untuk pengarungan di sungai. Cara kedua menurunkan rescuer dengan Scouting Darat agar dapat memantau titik- titik yg dicurigai korban tersangkut, karena kondisi sungai yang banyak mengalami penyempitan yang menyebabkan tidak bisa dilalui perahu rafting.

Beliau juga mengharapkan peran serta potensi SAR dan masyarakat guna kelancaran jalannya Operasi SAR.(hms_mdn)



Kategori Berita Kansar , General Berita , Kondisi Yang Membahayakan Jiwa Manusia .
Pengunggah : dimas
25 February 10:55 WIB