DENGAN SINERGITAS DAN SOLIDITAS BASARNAS BERSAMA POTENSI SAR BERTEKAD MEWUJUDKAN PELAYANAN SAR YANG CEPAT DAN PRIMA


Juru Masak Terjatuh Dari Atas Kapal


Merauke (03/08) - Seorang juru masak dilaporkan jatuh dan hilang dari atas kapal nelayan yang tengah melaut tadi malam sekira pukul 11 malam. Kejadian ini dilaporkan oleh Sutrisno ke Kantor Pencarian Dan Pertolongan Merauke siang ini pukul 14.25 Wit. Korban atas nama Melkias Mesak (24 th), berjenis kelamin laki-laki. Tercatat Melkias adalah salah satu ABK KMN.M1 Nusantara yang pada saat kejadian sedang mencari ikan di Fishing Ground di dekat perbatasan RI-PNG. Atas laporan tersebut, Kepala Kantor Pencarian Dan Pertolongan Merauke selaku SAR Mission Coordinator (SMC) memerintahkan personil untuk menuju ke lokasi kejadian guna melakukan pencarian. Pada pukul 14.50 wit diberangkatkan 6 (enam) orang rescuer mempergunakan Rigid Inflatable Boat untuk menuju ke lokasi kejadian kecelakaan dengan perkiraan waktu tempuh sekitar 2 jam. Dalam laporannya, Sutrisno menjelaskan lokasi kejadian berada di koordinat 08⁰55'56,00''S - 140°19’00” E atau berjarak 29 mil ke arah barat daya.

Pelapor menceritakan bahwa tadi malam korban tengah menyajikan makanan untuk rekan sesama ABK. "Korban setelah mengantarkan makanan ke depan (anjungan.red), kemudian kembali ke dapur untuk mengambil makanan yang ke dua. Namun untuk makanan yang ke tiga, rekan-rekannya menyadari bahwa korban tidak kunjung datang. Mereka berinisiatif ke belakang (dapur.red) untuk mengecek, namun Melkias tidak dijumpai" terang Sutrisno. Sesama ABK pun menyimpulkan bahwa Melkias telah terjatuh malam tadi oleh karena itu rekan-rekannya melakukan upaya pencarian di sekitar lokasi namun hasilnya nihil.

Saat ini tengah dilakukan koordinasi dengan KMN. Kardi Utama 04 yang posisinya berada dekat dengan lokasi kejadian mempergunakan komunikasi radio SSB. Operator radio KMN. Kardi Utama 04 menyampaikan bahwa kapalnya saat ini tengah aktif melakukan pencarian di sekitar lokasi kejadian dimana tadi malam KMN. M1 Nusantara berada. Tentu saja dengan harapan korban dapat segera ditemukan.

Sampai berita ini dirilis, Rigid Inflatable Boat yang sedang bergerak belum tiba di lokasi kejadian. Kondisi cuaca di laut cerah dengan ketinggian ombak antara 2 s/d 3 meter sesuai laporan personil di lapangan. (dwb/humas)



Kategori Kecelakaan Pelayaran , General Artikel , General Berita .
Pengunggah : Minsar
3 August 16:00 WIB