DENGAN SINERGITAS DAN SOLIDITAS BASARNAS BERSAMA POTENSI SAR BERTEKAD MEWUJUDKAN PELAYANAN SAR YANG CEPAT DAN PRIMA


Jenazah I Wayan Sumiata Terdampar Di Pantai Kelanting


TABANAN ---Seorang nelayan yang hilang saat melaut di Perairan Tanah Lot akhirnya ditemukan, Kamis (5/09/2019) sekitar pukul 08.00 WITA. Jenasah I Wayan Sumiata terdampar di Pantai Kelating, Tabanan, yakni arah barat daya kurang lebih 7 KM dari titik ditemukan sampan/ perahu korban. Tim SAR yang saat itu sedang melakukan pencarian segera menuju lokasi penemuan jenasah untuk proses evakuasi.  "Korban ditemukan oleh masyarakat setempat dalam kondisi meninggal dunia dan langsung ditindaklanjuti, jadi saat ini tim SAR gabungan masih melakukan pencarian 1 korban lainnya," ungkap Pelaksana Harian Kepala Kantor Basarnas Bali, Sri Wardoyo, S.E.  Selanjutnya jenasah tersebut dibawa ke RSUD Kabupaten Tabanan dengan menggunakan ambulance.

Diberitakan sebelumnya, 2 orang warga Banjar Batang Buah, Desa Braban, Tabanan hilang terseret arus saat memancing di perairan Tanah Lot, Selasa (3/9/2019) dini hari. Dari laporan yang diterima diketahui identitas korban atas nama Wayan Sumiata (43) dan Ketut Ardika (58). Tim SAR gabungan masih melanjutkan operasi SAR untuk mencari 1 orang lainnya dengan penyisiran di perairan. Kendala yang masih dihadapi tim di lapangan adalah gelombang atau ombak yang kencang dan beralapis. "Hari pertama personil menggunakan rubber boat dan ternyata tidak efektif karena sulit menembus ombak, bahkan sempat beberapa kali rubber boat terbalik karena dihantam ombak, namun hal itu tidak menghentikan upaya pencarian, mereka terus berusaha," tutur Wardoyo. Operasi SAR sudah memasuki hari ke-3, dan proses penyisiran masih menggunakan jetski. 

Kondisi cuaca di sekitar area pencarian cerah dan angin mengarah ke barat laut dengan kecepatan 4 hingga 10 Knots, sementara itu tinggi gelombang mencapai 2.5 meter. Tim SAR gabungan yang terdiri dari Basarnas, SAR Samapta Polda Bali, Pol Air, BPBD Kab. Tabanan, Balawista Tanah Lot, Babinkamtibmas Desa Beraban, Babinsa Desa Beraban, keluarga korban dan masyarakat setempat dibagi dalam beberapa area pencarian. Jika sesuai rencana operasi SAR hari ini maka penyisiran akan dilakukan dengan metode paralel dan luas areanya berkisar 9.33 Nm². Selain 1 unit jetski, SAR Samapta Polda Bali rencananya juga akan menurukan rubber boat jika situasi memukinkan. (ay/ hms dps)
     



Kategori Berita Kansar , General Artikel , General Berita , Kondisi Yang Membahayakan Jiwa Manusia .
Pengunggah : Daru
5 September 14:30 WIB