HUT BASARNAS KE 46, KANTOR PENCARIAN DAN PERTOLONGAN DENPASAR SELENGGARAKAN DONOR DARAH


DENPASAR --- Dalam rangka memperingati hari jadi Basarnas ke 46 tahun 2018, Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia Provinsi Bali menggelar kegiatan donor darah, bertempat di Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar, Jalan Raya Uluwatu, Jimbaran, Senin (5/2/2018). Kegiatan yang berlangsung sekitar pukul 09.00 Wita tersebut, turut mengundang potensi SAR dari TNI/ Polri dan Pusdalops PB Bali.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar, Ketut Gede Ardana, S.E. mengungkapkan bahwa aksi donor darah ini merupakan salah satu bentuk nyata kepedulian terhadap sesama, khususnya sebagai insan SAR. “Bakti dan pengabdian kita tak hanya sebatas tugas dalam pekerjaan, namun kepedulian individu kepada sesama harus tertanam dalam jiwa seorang insan SAR,” tandasnya. Ia menjelaskan bahwa aksi donor darah merupakan kegiatan rutin yang diadakan setiap memperingati HUT Basarnas.

Aksi donor darah ini berlangsung hingga pukul 12.00 Wita dan melibatkan 2 orang dokter dan 3 petugas medis. Sebanyak 38 kantong darah terkumpul dari keseluruhan 80 orang yang berpartisipasi. Beberapa diantaranya tidak bisa mendonorkan darahnya karena alasan medis. Selain pegawai dan instansi lainnya, aksi sosial ini juga melibatkan UP Dharma Wanita Persatuan Denpasar, termasuk yang berada di Pos Pencarian dan Pertolongan.

Bersamaan dengan kegiatan donor darah, Dharma Wanita Persatuan juga menyelenggarakan arisan rutin yang berlangsung pada pukul 10.00 Wita di ruang rapat Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar. Pada kesempatan itu juga diadakan door price sebanyak 30 hadiah untuk anggota Dharma Wanita Persatuan yang hadir.

Ketut Gede Ardana mengapresiasi peran serta semua pihak dalam memeriahkan rangkaian HUT Basarnas ke 46. “Selain donor darah, akan diselenggarakan kegiatan di bidang olah raga berupa pertandingan Futsal dan volley,” katanya. Dalam pertandingan olah raga, tim dituntut agar selalu kompak serta sportif. Sementara itu untuk menguji ketangkasan dan kekuatan personil, juga diselenggarakan fitness drill. Seluruh rescuer dibagi dalam tim dan akan melaksanakan beberapa tantangan, diantaranya lari, berenang dan mendayung dengan ukuran waktu tercepat yang berhak menjadi pemenang. Sebagai upaya melibatkan peran aktif seluruh pegawai, akan diadakan lomba balap karung, lari kelereng, memasukkan paku ke dalam botol, dan tarik tambang. “Diharapkan melalui berbagai pertandingan dan perlombaan dapat menambah keakraban dan kekompakan keluarga besar Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar,” tutur Ketut Gede Ardana.

Serangkain acara pada hari ini, ditutup dengan penyerahan penghargaan dari PMI Provinsi Bali kepada Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar. (ay/ hms dps)



Kategori General Artikel .
Pengunggah : danang
5 February 17:32 WIB