DENGAN SINERGITAS DAN SOLIDITAS BASARNAS BERSAMA POTENSI SAR BERTEKAD MEWUJUDKAN PELAYANAN SAR YANG CEPAT DAN PRIMA


Hanafi Ditemukan di Muara Banjarkemuning


Sidoarjo – Hanafi (3,5) seorang anak asal Tambakrejo, yang sedang dalam pencarian tim SAR gabungan ditemukan meninggal di perairan muara Banjarkemuning, pada Minggu (3/2) pukul 10.00 WIB. Jenazah Hanafi pertama kali diketahui oleh Saiful, seorang nelayan yang sedang mencari ikan di sekitar muara.

Karena tidak dapat mengevakuasi jenazah tersebut, Saiful pun melaporkannya kepada Hasan, seorang warga desa Banjarkemuning. Karena sebelumnya mendengar ada kejadian anak tenggelam di daerah Waru, Hasan pun bergegas melaporkannya kepada tim SAR yang sedang melakukan pencarian.

"Begitu mendapatkan informasi penemuan jenazah anak kecil ini, Kami pun mengirim-kan tim untuk menemui Saiful guna menanyakan dimana lokasi jenazah itu ditemukan," ujar Farid Kurniadi, Komandan tim operasi Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Surabaya.

Setelah memperoleh informasi bahwa ada kesamaan ciri-ciri korban yang dicari dengan jenazah anak yang ditemukan, maka tim SAR gabungan pun mengerahkan satu tim ke lokasi penemuan jenazah dengan menggunakan perahu nelayan Banjarkemuning. Lokasi tersebut berada pada koordinat 07° 19' 34.7" S - 112° 51' 02.49" E.

"Prose evakuasi jenazah korban berjalan dengan lancar, kondisi cuacanya pun cukup cerah. Sesampainya di dermaga perahu nelayan Banjarkemuning, selanjutnya jenazah korban dibawa tim SAR gabungan ke rumah duka dan diserahkan kepada pihak keluarga untuk dimakamkan," tambah Farid.

Seperti diketahui, sebelumnya tim SAR gabungan tengah melakukan pencarian untuk menemukan Hanafi yang tenggelam di sungai Buntung, kabupaten Sidoarjo. Dalam pencari-an ini, SRU sungai dikerahkan untuk menyisir aliran sungai Buntung menggunakan perahu karet dan SRU darat yang melakukan pemantauan serta membangun jejaring komunikasi.

Upaya pencarian korban ini melibatkan peran dan dukungan, baik personel dan sarana SAR, dari sejumlah pihak, diantaranya Kantor SAR Surabaya, TAGANA Sidoarjo, Polsek Waru, Koramil Waru, relawan SAR Surabaya, relawan SEMAR, Sekber, SAR MTA Sidoarjo, dan nelayan Banjarkemuning. (Lib)



Kategori Kondisi Yang Membahayakan Jiwa Manusia .
Pengunggah : surabaya
3 February 15:10 WIB