DENGAN SINERGITAS DAN SOLIDITAS BASARNAS BERSAMA POTENSI SAR BERTEKAD MEWUJUDKAN PELAYANAN SAR YANG CEPAT DAN PRIMA


Dua Korban Terjepit Truk Berhasil Dievakuasi Tim SAR


Banyuwangi – Sisnaidi (24) dan Eko Budianto (26), dua orang korban kecelakaan lalu-lintas di jalan depan Pabrik Semen Bosowa, Klatak, Kecamatan Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi, berhasil dievakuasi oleh tim SAR gabungan, pada Senin (22/7) pukul 03.00 WIB.

Koordinator Unit Siaga SAR Banyuwangi, Risky Putra mengatakan, Sisnaidi adalah sopir kendaraan truk asal Situbondo, dievakuasi dalam kondisi selamat. Akibat kecelakaan ini, Ia menderita luka lecet pada tangan dan kaki, luka sobek dan lebam pada bagian mata kanan.

“Setelah mendapatkan bantuan medis pertama oleh tim medis Unit Siaga SAR Banyuwangi, selanjutnya Sisnaidi pun dievakuasi tim SAR gabungan ke RSUD Blambangan Banyuwangi untuk mendapatkan perawatan medis lebih lanjut,” tambah Risky.

Sedangkan Eko, juga mengalami sejumlah luka akibat kejadian kecelakaan ini, seperti luka pada leher dan dada, serta mengalami sesak nafas. Ia pun sempat dibawa ke RSUD Blambangan untuk mendapatkan perawatan medis. Namun nyawanya tidak dapat tertolong, Ia pun meninggal dunia.

Sebelumnya, tim SAR gabungan sangat berhati-hati saat mengevakuasi kedua korban kecelakaan lalu-lintas ini. Langkah-langkah evakuasi yang dilakukan sesuai dengan prosedur pemindahan darurat. Pengamanan di sekitar lokasi kecelakaan dilakukan dengan membuat barikade untuk memberikan tempat bagi tim rescuer untuk melakukan evakuasi.

Kemudian setelah memastikan kedua kendaraan dalam kondisi stabil atau tidak ber-gerak posisinya dan kelistrikannya benar-benar padam, selanjutnya tim rescuer melakukan langkah-langkah berikutnya, seperti mengecek respon kedua korban, menstabilkan kepala mereka, memasang neck collar dan memasang masker oksigen untuk bantuan nafas.

Sebelum dikeluarkan dari kendaraan, tim rescuer memasang KED (Kendrick Extrication Device) pada kedua korban. KED adalah peralatan medis yang berfungsi untuk menahan posisi kepala, leher dan batang tubuh kedua korban agar tetap berada pada posisi netral secara anatomis.

“Tahap evakuasi yang terakhir adalah menempatkan kedua korban di atas tandu spinal dan mengeluarkan keduanya, setelah tim rescuer berhasil membuat akses keluar dengan menggunakan peralatan ekstrikasi” ujar Risky. (Lib)



Kategori Berita Kansar , General Artikel , Kecelakaan Dengan Penanganan Khusus , General Berita .
Pengunggah : Recylia
22 July 9:00 WIB