BOCAH PEREMPUAN TENGGELAM DI PINTU AIR MANGGARAI


Jakarta – Ai Kumalasari, bocah perempuan berusia 11 tahun bermain bersama teman-temannya di bantaran Kali Ciliwung tepatnya Kamis (7/2) sekitar pukul 16.20 WIB. Tidak lama kemudian bocah itu kehilangan sendalnya yang hanyut terbawa aliran Sungai Ciliwung. Korban pun berusaha mengambil sendalnya tersebut dengan masuk ke dalam aliran sungai yang terletak di Pintu Air Manggarai, Jakarta Selatan. Namun nasib nahas menimpanya, korban hanyut terseret arus aliran sungai.

Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta mendapatkan informasi tersebut dari Command Centre Damkar Propinsi DKI Jakarta keesokan harinya, Jumat (8/2) sekitar pukul 04.55 WIB. Satu tim rescue dikerahkan menuju lokasi kejadian dengan membawa peralatan SAR air lengkap. “ Tim rescue sudah kita kerahkan dan langsung melakukan koordinasi dengan unsur-unsur yang sudah ada di lokasi kejadian untuk menentukan rencana operasi yang akan kita bagi menjadi 3 (tiga) area pencarian", ungkap Hendra Sudirman, S.E., M.Si., Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta selaku SMC (SAR Mission Coordinator).

WhatsApp Image 2019-02-08 at 7.33.56 PM (2).jpeg

Hendra juga menegaskan bahwa pencarian akan dibagi menjadi 3 (tiga) SRU dimana SRU pertama melakukan penyisiran dengan menggunakan rubber boat dari LKP hingga Jembatan Manggarai hingga radius 2 KM kemudian SRU Kedua melakukan penyisiran menggunakan rafting boat dari Pintu Air Manggarai hingga Stasiun Cikini sejauh 4 KM dan SRU Ketiga melakukan penyisiran dari Pintu air Manggarai hingga Karet menggunakan rubber boat sejauh 9 KM.

WhatsApp Image 2019-02-08 at 7.33.57 PM.jpeg

Dengan pencarian yang optimal dan sinergitas seluruh unsur tim SAR gabungan yang terdiri dari Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta, Damkar Propinsi DKI Jakarta, UPK Badan Air, Korgad Rescue, KC Rescue, Karang Taruna Manggarai, Pramuka Peduli, Hirpala, Rumah Zakat, Tagana Kota Depok, Kancil Kota Depok, Tanggap Bencana Indonesia (TBI), Baznas, PMI Kota Bekasi, JKU Bogor, dan Rapi Kota Bogor akhirnya korban ditemukan pada pukul 16.50 WIB. Ai Kumalasari (11) ditemukan dalam keadaan meninggal dunia pada radius 2 KM dari lokasi kejadian, selanjutnya korban langsung dibawa menuju rumah duka di Jl. Manggarai Utara 1 Rt.005/02 Jakarta Selatan. Dengan demikian operasi SAR dinyatakan ditutup dan seluruh unsur kembali ke kesatuannya masing-masing. (Humas Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta)



Kategori Berita Kansar , General Berita , Kondisi Yang Membahayakan Jiwa Manusia .
Pengunggah : nita
8 February 19:55 WIB