HASIL SELEKSI ADMINISTRASI CALON PEJABAT PIMPINAN TINGGI PRATAMA BADAN NASIONAL PENCARIAN DAN PERTOLONGAN TAHUN 2018


Basarnas menuju klasifikasi Tim Urban SAR Internasional


Pemerintah Indonesia, dalam hal ini BASARNAS menyelenggarakan The INSARAG (International Search And Rescue Advisor Group) Regional Asia-Pacific USAR Coordination course di Yogyakarta, Indonesia dan didukung oleh beberapa negara Asia Pasifik seperti Jepang, Malaysia, Singapura dan Amerika Serikat. Kursus lima hari yang dimulai pada 15 Oktober dan berakhir 19 Oktober 2018 difasilitasi oleh Training Working Group INSARAG, divisi Dukungan Tanggap Darurat OCHA (Office for the Coordination of Humanitarian Affairs).

IMG-20181021-WA0008.jpg

Ada dua tujuan utama kursus ini pertama memberikan keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan, untuk meningkatkan kemampuan peserta dan berkompeten dalam melakukan fungsi koordinasi USAR INSARAG. Kedua memastikan pemahaman mekanisme koordinasi kemanusiaan secara umum dalam tanggap darurat kemanusiaan yang lebih luas.

Kursus ini dirancang untuk melatih manajer / anggota tim USAR (Urban Search And Rescue) terpilih yang tergabung dalam tim IEC (Insarag External Clasification) atau tim yang mempersiapkan IEC dalam metodologi koordinasi. Di dalam kursus ini Tim USAR diajarkan untuk membangun dan mengelola Pusat Penerimaan-Keberangkatan (RDC- Reception Departure Center), Pusat Operasi dan Koordinasi Sementara di lokasi (OSOCC -On-Site Operations Coordination Centre), UCC (USAR Coordination Cell) Koordinasi Sel USAR atau Sel Koordinasi Sektor (SCC - Sector Coordination Cell) [10/20, 3:49 AM] SAR Liana HMS: Sekretariat INSARAG menyampaikan penghargaan yang tulus kepada tuan rumah (Indonesia - BASARNAS), dan para negara yang mendukung (Jepang, Malaysia, Singapura dan Amerika Serikat), tim dukungan dan semua peserta yang telah membuat kursus ini menjadi sukses.

IMG-20181021-WA0011.jpg

Kursus pelatihan regional Asia Pasifik ini diikuti oleh 25 peserta dari Cina (2), Hong Kong (1), Indonesia(12), Jepang(1), Republik Korea(2), Selandia Baru(1), Singapura(4), dan Federasi Rusia(2). Kursus ini diadakan selama 5 hari (4 hari teori dan 1 hari SIMEX - Simulation Exercise)). Metode penyampaian meliputi presentasi, latihan praktis, kuis dan tinjauan materi, diskusi grup, kerja kelompok, tes penilaian akhir, dengan latihan simulasi untuk menyimpulkan kegiatan pelatihan.

Sekretariat INSARAG menyampaikan penghargaan yang tulus kepada tuan rumah (Indonesia - BASARNAS), dan para negara yang mendukung (Jepang, Malaysia, Singapura dan Amerika Serikat), tim dukungan dan semua peserta yang telah membuat kursus ini menjadi sukses.



Kategori General Artikel , General Berita .
Pengunggah : ketty rosa
21 October 10:15 WIB