HASIL SELEKSI ADMINISTRASI CALON PEJABAT PIMPINAN TINGGI PRATAMA BADAN NASIONAL PENCARIAN DAN PERTOLONGAN TAHUN 2018


Basarnas Lampung Evakuasi Korban Banjir Bandang di Pekon Sukajadi dan Pekon Umbar


Lampung – Pada hari Kamis (08/11) pagi telah terjadi banjir bandang pada Kec. Kelumbayan Tanggamus. Banjir bandang ini menyebabkan 17 rumah hanyut, 1 korban meninggal dunia dan sebanyak 97 orang mengungsi. Bencana Alam ini juga menyebabkan jembatan penghubung putus sehingga ada beberapa rumah yang terisolir.

Menanggapi info tersebut Basarnas Lampung mengirimkan tim Rescue nya yg berjumlah 6 orang dr Mako Basarnas Lampung dan 3 orang personil dr Pos SAR Tanggamus. Tim yang berangkat ke lokasi musibah banjir bandang tsb membawa peralatan seperti perahu karet 1 unit, tenda pleton 1 unit dan kendaraan 3 unit yaitu truck personil 1 unit, dmac Double cabin 1 unit dan dmac kompartemen 1 unit. Setelah tiba di lokasi tim akan berkoordinasi dan bergabung dg unsur SAR lainnya yg sdah berada di lokasi seperti BPBD Tanggamus, Polsek Kelumbayan, Tagana, PMI, Babinsa Kelumbayan dan warga Kelumbayan untuk membantu korban akibat banjir bandang tsb.

Pada Jumat pagi (09/11) ketinggian air masih cukup tingg +/- 40 meter. Tim SAR gabungan melaksanakan evakuasi pada penduduk 2 desa tsb melalui sungai dikarenakan akses melalui darat terputus. Evakuasi dilakukan dengan menggunakan perahu karet dan penduduk dievakuasi ke posko yang berada di balai desa Pekon Umbar karena hujan masih turun dan ditakutkan debit air yang akan naik kembali. Pada pukul 11.30 WIB Tim SAR Gabungan mendampingi Bupati Tanggamus Ibu Dewi Handayani meninjau lokasi yang mengalami kerusakan karena dampak banjir dan juga mengunjungi warga yang berada di posko.

Pada pukul 17.00 WIB sore ini evakuasi terhadap warga desa sukajadi dan desa umbar dihentikan di karenakan debit air sudah mulai menurun dan akses darat sdh bisa dilalui warga. Tim SAR gabungan hanya melakukan pemantaun pd rmh warga yg masih terdampak banjir.(hms/lpg)



Kategori Berita Kansar , General Berita , Bencana .
Pengunggah : miko
9 November 21:15 WIB