DENGAN SINERGITAS DAN SOLIDITAS BASARNAS BERSAMA POTENSI SAR BERTEKAD MEWUJUDKAN PELAYANAN SAR YANG CEPAT DAN PRIMA


Basarnas Jayapura turut ambil bagian dalam Lat SAR Terpadu Lantamal X


Jayapura- Lantamal X Jayapura menggelar latihan bersama simulasi kecelakaan kapal terbakar dan tenggelam di teluk Yos Sudarso Jayapura pada senin (17/12) pagi tadi.

WhatsApp Image 2018-12-17 at 4.53.56 PM.jpeg

Kegiatan Lat SAR terpadu di gelar di markas Satrol Lantamal X di Porasko sebagai Posko Terpadu yang di hadiri oleh Komandan Lantamal X , Basarnas, Yonmarhanlan X, Polair Polda Papua, KSOP, dan Pelindo.

Komandan Lantamal X Brigjen TNI Mar Ipung Purwadi usai latihan Operasi SAR menyampaikan bahwa kegitan Latihan berjalan dengan lancar dan sesuai dengan rencana." Untuk kedepan Latihan difokuskan juga pada proses searching/pencarian dan planning operasi sar.", tambah Jendral Bintang satu tersebut.

Sementara dalam kesempatam yang sama Kepala Sub Seksi Sumber Daya Kantor Pencarian dan Pertolongan Jayapura Andi Williams Kaiba mengatakan bahwa Pelaksanaan latihan difokuskan pada pertolongan korban di laut dan penanganan kesehatan terpadu. Serta pengendalian unsur SAR matra laut dengan komunikasi, sesuai dengan tahapan manajemen organisasi operasi SAR dan komponen SAR, sehingga unsur SAR matra laut di Prop. Papua di Kota Jayapura lebih bersinergitas.

Andi Menambahkan bahwa Titik berat Pertolongan pada kecelekaan kapal terbakar dan tenggelam tersebut lebih ke pembagian sru pada sektor area pencarian dan komunikasi dari SRu ke OSC serta OSC ke SMC.

Kegiatan ini diikuti 50 peserta lebih dari masing-masing instansi dengan menggunakan sarana yakni satu buah Kapal Basarnas Rescue Boat 222, KAL LKH, PAT. ENGGROS dan lima unit Sea Rider dari TNI AL dan Pol Air Polda Papua. (yd/hms)



Kategori General Artikel , General Berita .
Pengunggah : chandra
17 December 17:15 WIB