DENGAN SINERGITAS DAN SOLIDITAS BASARNAS BERSAMA POTENSI SAR BERTEKAD MEWUJUDKAN PELAYANAN SAR YANG CEPAT DAN PRIMA


BASARNAS GELAR APEL KHUSUS SIAGA SAR ANGKUTAN LEBARAN 1440 H


Senin (27/5) bertempat di halaman gedung Kantor Pusat Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) digelar Apel Siaga SAR Khusus Arus Mudik Lebaran Tahun 2019. Pelaksanaan apel ini juga dilakukan secara serempak oleh Unit Pelaksana Teknis Basarnas di seluruh wilayah Indonesia dan sekaligus menandai dimulainya pelaksanaan siaga khusus yang akan dimulai dari tanggal 28 Mei sampai dengan 13 juni 2019.

WhatsApp Image 2019-05-31 at 15.28.47.jpeg

Pelaksanaan Siaga SAR Khusus Lebaran ini bertujuan terwujudnya pelayanan SAR yang cepat, tepat, aman dan handal untuk mendukung serta membantu unusr-unsur terkait diantaranya POLRI, Kementerian Perhubungan, dan Pemda dalam rangka pemantauan jalur mudik angkuan lebaran secara aman nyaman dan terkendali.

WhatsApp Image 2019-05-31 at 15.28.48 (1).jpeg

Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI Bagus Puruhito dalam sambutannya menyampaikan bahwa kesiapsiagaan Siaga SAR Khusus ini adalah agenda rutin setiap tahunnya namun jangan dijadikan kegiatan yang monoton harus ada peningkatan dari tahun ke tahun baik kesiapan personil, peralatan, keterampilan maupun system kecepatan respon jika terjadi kecelakaan.

“Pada Kegiatan Kesiapsiagaan SAR Angkutan Lebaran ini kita tetap akan fokus pada penanganan kecelakaan sesuai dengan apa ang menjadi Tupoksi dari Basarnas”, ujar Bagus.

“Tupoksi basarnas tidak hanya terbatas pada kesiapsiagaan itu sendiri tapi juga masih banyak potensi kecelakaan yang butuh penanganan kita bilamana itu terjadi. Sehingga kita harus ekstra waspada karena pada saat ini perhatian kita mengantisipasi kecelakaan dan bencana menjadi lebih kompleks. Hal tersebut tentunya butuh perhatian yang lebih. Pada moment kesiapsiagaan angkutan lebaran ini poerhatian masyarakat yang lebih besar akan tertuju pada kinerja kita”, terangnya.

WhatsApp Image 2019-05-31 at 15.28.48 (2).jpeg

Bagus juga menekankan beberapa hal yang harus diperhatikan seluruh personil siaga yaitu menjaga sikap sopan dan santun baik dalam berkoordinasi dengan instansi terkait maupun saat melaksanakan misi penyelamatan di lapangan harus sesuai SOP. Tunjukkan bahwa Basarnas profesional, disiplin tinggi, dan mengutamakam faktor keselamatan. Selanjutnya Bagus meminta seluruh petugas siaga agar selalu memperhatikan kondisi peralatan baik dari kebersihan maupun perawatannya sehingga setiap saat selalu siap digunakan dan befungsi dengan baik. Terakhir Jenderal Bintang Tiga menghimbau agar seluruh petugas menjaga keselamatan diri dari masing – masing agar dapat kembali berkumpul dengan keluarga dalam keadaan sehat selamat dan sentosa.

WhatsApp Image 2019-05-31 at 15.28.49.jpeg

“Tetap semangat dalam melaksanakan tugas kemanusiaan yang mulia ini, sehingga yakinlah bahwa Allah Tuhan Yang Maha Esa akan mencatatnya sebagai nilai Ibadah dan selalu menjaga kita dalam tugas. Avignam Jagat Samagram”, pungkasnya. ( nrl)



Kategori Berita Kansar , Agenda Pusat , General Berita .
Pengunggah : Febrilina
27 May 12:00 WIB