PENGUMUMAN PEMBERKASAN ULANG BAGI PELAMAR YANG DINYATAKAN LULUS CPNS BADAN NASIONAL PENCARIAN DAN PERTOLONGAN TAHUN 2018


BASARNAS BALI KERAHKAN KN SAR ARJUNA PANTAU ARUS PENYEBRANGAN SAAT LIBUR NATARU


DENPASAR --- Jelang perayaan Natal dan Tahun Baru Basarnas telah melaksanakan Siaga SAR Khusus terhitung sejak 20 Desember 2018. Siaga dilakukan di beberapa titik rawan kecelakaan dan juga di pelabuhan, bandara udara dan terminal. Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar (Basarnas Bali) hari ini mengerahkan KN SAR Arjuna untuk melakukan pemantauan di sekitar perairan Selat Bali, Minggu (23/12). Kapal dengan panjang 40 meter dan bernomor lambung 229 tersebut, lepas sandar dari Pelabuhan Benoa sekitar pukul 08.00 Wita.

Kepala Kantor Basarnas Bali, Ketut Gede Ardana memimpin langsung apel kesiapan personil. "Sebelum kapal diberangkatkan saya harus memastikan seluruh kesiapannya, ada 17 orang ABK dan crew kapal yang akan bertugas," pungkasnya. Menurut Ardana meskipun aktivitas pelayaran di seputaran perairan tersebut tak seramai penyebrangan Jawa menuju Bali, namun kesiapsiagaan penting untuk ditingkatkan. Melalui pergerakan KN SAR Arjuna diharapkan dapat mengantisipasi alur penyebrangan yang melintasi Pelabuhan Padangbai, Celukan Bawang, Gilimanuk, Ketapang, Tanjung Wangi.

Sesuai dengan rencana pergerakan, KN SAR Arjuna akan sandar di Pelabuhan Tanjung Wangi. Nantinya setelah 2 hari pemantauan, kapal akan kembali menuju Pelabuhan Benoa, pada hari Selasa (25/12). "Dengan jarak 150 NM, estimasi waktu tempuh dari Pelabuhan Benoa hingga Pelabuhan Tanjung Wangi sekitar 9 jam, itupun jika kondisi perairan dan cuaca relatif aman," jelas Ardana.

Dengan adanya pergeseran Kapal SAR dari Benoa, tidak mengurangi kesiapan dalam menangani kondisi berbahaya seputaran perairan di Bali. "Tim SAR tetap siap melaksanakan operasi SAR jika sewaktu-waktu terjadi kecelakaan di sekitar perairan Bali, karena tetap ada tim rescue yang siaga 24 jam di Pelabuhan Benoa dan alut berupa Rigit Inflatable Boat ( RIB) 2 unit, disamping itu koordinasi terus ditingkatkan melalui posko terpadu Pelabuhan Benoa," tutupnya. (ay/ hms dps)



Kategori Berita Kansar , General Artikel , General Berita .
Pengunggah : miko
23 December 9:30 WIB