DENGAN SINERGITAS DAN SOLIDITAS BASARNAS BERSAMA POTENSI SAR BERTEKAD MEWUJUDKAN PELAYANAN SAR YANG CEPAT DAN PRIMA


BALITA TENGGELAM SAAT SANG IBU TERLELAP DI BANJIR KANAL BARAT


Jakarta – Seorang balita bernama Muhammad Riski (2) tenggelam di aliran Kali Ciliwung tepatnya Banjir Kanal Barat, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat, Senin (21/1) sekitar pukul 10.00 WIB. Kejadian bermula saat Sumiati Ibu korban beserta dua anaknya sedang tidur terlelap di bantaran kali Ciliwung. Saat terbangun dari tidurnya, Sumiati tidak melihat Muhammad Risky di sampingnya. Sumiati pun berusaha mencari anaknya di sekitar lokasi kejadian namun tidak kunjung ditemukan. Sang ibu menduga anaknya jatuh ke dalam aliran sungai yang saat itu arus sangat deras.

1.3.jpeg

Akhirnya Sumiati melaporkan kejadian tersebut kepada pihak yang berwenang karena khawatir anaknya belum ditemukan. Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta menerima informasi tersebut dari BPBD Provinsi DKI Jakarta keesokan harinya, Selasa (22/01) sekitar pukul 05.00 WIB dan langsung menuju lokasi kejadian dengan membawaperahu karet dan peralatan SAR air lengkap. Tiba di lokasi kejadian tim rescue Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta langsung berkoordinasi dengan unsur-unsur yang sudah ada di lapangan seperti Polsek Tanah Abang, Damkar Jakarta Pusat, UPK. Badan Air Dinas Lingkungan Hidup Kecamatan Tanah Abang, KC Rescue, Rumah Zakat, Indonesia Emergency Ambulance, PALAPSAH, dan warga setempat untuk menentukan rencana pencarian yang akan dilakukan.

1.1.jpeg

“Pencarian kita fokuskan pada radius 5 KM dengan menyisir aliran sungai ciliwung mulai dari lokasi kejadian hingga season city dan juga kita upayakan melalui pemantauan dari jalur darat supaya operasi SAR berjalan maksimal. ” tegas Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta, Hendra Sudirman, S.E., M.Si. selaku SAR Mission Coordinator (SMC). Upaya pencarian pun akhirnya membuahkan hasil, sekitar pukul 10.30 WIB korban ditemukan pada radius 2 KM dari lokasi kejadian oleh tim SAR gabungan dalam keadaan meninggal dunia. Muhammad Riski kemudian dievakuasi menuju rumah duka yang terletak di Jalan Tenaga Listrik 1, RW 016, Kel. Kebon Melati , Kec. Tanah Abang, Jakarta Pusat. Dengan ditemukannya korban maka operasi SAR dinyatakan ditutup dan seluruh unsur kembali ke kesatuannya masing-masing. (Humas Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta)



Kategori Berita Kansar , General Berita , Kondisi Yang Membahayakan Jiwa Manusia .
Pengunggah : ratri dwiyani
22 January 15:25 WIB