DENGAN SINERGITAS DAN SOLIDITAS BASARNAS BERSAMA POTENSI SAR BERTEKAD MEWUJUDKAN PELAYANAN SAR YANG CEPAT DAN PRIMA


19 ABK KM Formosa Ditemukan Selamat dan Dievakuasi ke Sibolga


Pos SAR Sibolga_ Peristiwa tenggelamnya KM Formosa 12 di Perairan Nias selatan yang membawa 19 orang ABK, akhirnya dievakuasi oleh KN SAR Yudhistira dari Pulao Tello dan tiba di Dermaga PPN Sibolga pkl 13.25 (7/3). Seluruh korban selamat telah dikembalikan kepada pemilik KM Formosa 12 dan Keluarga Korban. Kedatangan KN SAR Yudhistira di Dermaga Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Sibolga disambut oleh Muspika kota Sibolga diantaranya BASARNAS, Lanal dan Polairud.

Sebelumnya kecelakaan kapal yang dialami KM FORMOSA 12, Pencari ikan dengan rute dari Sibolga berlayar menuju Pulau Lambak pada Sabtu (02/3) sekira pukul 06.00 WIB.

Kejadian bermula ketika KM FORMOSA 12 yang berpenumpang 20 orang berlayar dari Sibolga ke Pulau Lambak, cuaca pada saat itu Hujan disertai angin kencang. Salah seorang awak KM Metal 11 yang melihat pada saat kejadian menuturkan, KM FORMOSA 12 mengalami kebocoran kapal dan hampir tenggelam sehingga membutuhkan bantuan SAR.

Sibolga 2.jpg

Basarnas yang menerima laporan tersebut langsung berkoordinasi dengan Lanal Nias dan Muspika lainnya serta menerjunkan I SRU Personil Pos SAR Nias yang dibantu dengan Kapal PATKAMLA LANAS NIAS. Koordinator Pos SAR Nias, Tonggor Gultom, S.Pd., mengatakan, pencarian dilakukan secara maksimal dengan dibantu beberapa unsur Potensi SAR dan masyarat. Metode pencarian dilakukan dengan cara menyisir titik terakhir posisi kapal.

Sementara itu Kasi Ops Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Medan, M. Agus Wibisono, S.E. menerangkan pada saat itu, upaya pencarian oleh Tim SAR Gabungan terus dilakukan. Kita juga mengharapkan peran serta potensi SAR dan masyarakat guna kelancaran jalannya operasi SAR.



Kategori Berita Kansar , Kecelakaan Pelayaran , General Artikel .
Pengunggah : didit
7 March 14:15 WIB