KABASARNAS MEMBUKA KEGIATAN SAR CHALLENGE KE-6 DI BALI

BALI - Selasa (02/07) Kepala Badan SAR Nasional, Masekal Muda TNI. M Syaugi secara resmi membuka kegiatan SAR Challenge ke 6 di GWK - Bali. Kegiatan SAR Challenge ke 6 ini akan berlangsung selama 3 hari mulai dari tanggal 01 s.d 03 agustus 2017 yang diselenggarakan di GWK dan Pantai Kuta - Bali.

Dalam acara pembukaan ini juga diadakan simulasi penanganan korban kecelakaan mobil yang jatuh ke jurang yang ditangani oleh tim rescue Kantor SAR Denpasar dan tim BSG (Basarnas Special Group). Dalam pelaksanaan SAR Challenge ke 6 ini juga akan diberikan doorprize bagi para pengunjung dan berkesempatan mendapatkan foto gratis.

Kabasarnas dalam siaran per'snya, mengatakan kegiatan kompetisi ini merupakan program tahunan dari Basarnas yang bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme dari para rescuer dalam melakukan response time. Peserta yang terlibat dalam ajang kompetisi ini sebanyak 34 tim rescue dari Kantor SAR seluruh Indobesia.

Kabasarnas juga menyanpaikan ada beberapa materi atau kemampuan SAR yang di lombakan disini diantaranya, tehnik pertolongan di ketinggian (HART), pertolongan pada kecelakaan kendaraan atau VAR (Vihicle Accident Road), penyelamatan di reruntuhan atau CSSR (Collapse Structure Search and Rescue), comunication, Fitness Drill dan Individual Skill.

Kabasarnas berharap dengan adanya kompetisi ini kedepannya, response time Basarnas dalam melakukan tindak awal operasi SAR dapat dilakukan lebih cepat dari sebelumnya. "Disini mereka diuji oleh juri yang profesional dan di nilai menggunakan ketepatan waktu jadi kecepatan dan ketepatanlah yang harus mereka lakukan, ini kan bagian dari response time". Paparnya. (cak/hms).

INFORMASI PUBLIK
PEJABAT